Cinta ilmu pengetahuan

Cinta ilmu pengetahuan


A. Ajaran islam tentang ilmu pengetahuan

Segala sesuatu yang diciptakan Allah di dunia ini adalah untuk manusia. Sebagai khalifah di muka bumi, manusia harus dapat menjaga, memelihara, dan mengolah alam ini, perlu memakai cara yang disebut dengan ilmu pengetahuan. Karena kita tahu bahwa segala perbuatan yang kita kerjakan tanpa mengginakan ilmu, maka hasilnya tidak akan memuaskan. Sebaliknya kita memiliki ilmu pengetahuan namun tidak pernah mau mengamalkan, itupun tidak akan berarti sama sekali. Sabda Nabi saw yang artinya : " Perumpamaan orang yang menuntut ilmu kemudian tidak menyebarkan (mengamalkanya) seperti orang menimbunnya (menyimpan) simpanan kemudian tidak membelanjakanya." (HR.Tabrani dari Abu Hurairah).

Oleh karena itu, Islam mewajibkan pada umatnya untuk menuntut ilmu, mencintainya serta mengamalkan ilmu pengetahuan yang telah dimilikinya. Sabda nabi saw yang artinya "Mencari ilmu itu wajib bagi setiap orang islam laki-laki dan perempuan " (HR. Ibnu Abdhul Barri).

Sabda nabi saw yang artinya "Belajarlah dan mengajarlah, tawadu'lah kepada para gurumu dan bersikap lembutlah kepada para muridmu."(HR. Tabrani).

Hadist tersebut di atas menjelaskan bahwa kita umat Islam wajib menuntut ilmu, hendaknya kita patuh, hormat, dan tawadu' kepada guru, agar benar-benar mendapat ilmu yang bermanfaat. Ilmu yang dimiliki itu akan bermanfaat apabila kita mau mengajarkanya pada orang lain (murid-murid). Dalam mengajar itupun kita dituntut bersikap yang baik, sopan dan lemah lembut, agar murid-murid yang belajar benar-benar dapat menerimanya dengan sepenuh hati. Islam juga menganjurkan bahwa mencari ilmu itu tidak ada batasnya, kapan dan dimana saja. Sabda Nabi saw : yang artinya : "Carilah ilmu meskipun di negeri Cina, karena sesungguhnya mencari ilmu itu nerupakan kewajiban setiap orang islam.. para malaikat meletakan sayapnya (memayungkan sayapnya) kepada penuntut ilmu karena senang (rela) dengan yang ia tuntut "(HR. Ibnu Abdul Barri). 

Banyak ajaran-ajaran Islam serta hadist nabi yang mendorong dan memerintahkan agar manusia selalu mencintai dan menuntut ilmu pengetahuan. Sebab ilmu pengetahuan itu sendiri mempunyai peranan yabg sangat penting dalam kehidupan manusia. Ilmu pengetahuan adalah kawan pada waktu kita sendirian, dapat menjadi sahabat pada waktu kita sunyi. Merupakan petunjuk jalan kepada agama yang benar, serta sebagai pendorong ketabahan di saat kita dalam kekurangan dan kesukaran. 

Mencari ilmu pengetahuan yang benar-benar karena Allah, mencarinya saja sudah merupakan ibadah dan tanda syukur pada Allah. Menelaah sebagai bertasybih (memahasucikan Allah), menyelidikinya sebagai jihad, dan mengajarkan kepada orang lain merupakan sedekah. Oleh karena itu, cari dan cintailah ilmu pengetahuan untuk mencapai kebahagiaan hidup dunia akhirat. 

B. Peranan ilmu pengetahuan dalam kehidupan

Ilmu pengetahuan mempunyai peranan yang sangat besar dalam segala segi kehidupan manusia. Baik untuk beribadah kepada Allah, dalam berhubungan dengan sesama, maupun dengan lingkungan alam semesta ini. Semua tidak akan lepas dari adanya ilmu pengetahuan. Dengan ilmu pengetahuan seseorang dapat menduduki tempat-tempat orang yang berbakti dan berpangkat tinggi. Selain itu Allah pun akan meninggikan pangkat dan derajat suatu kaum. Menjadikan mereka sebagai pemimpin, pembimbing dan petunjuk ke jalan kebaikan, semua itu karena ilmu pengetahuan yang mereka miliki. Firman Allah swt : yang artinya " ...Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman diantara kamu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat ...(QS. Al Mujadalah : 11). Sabda Nabi saw yang artinya "Barang siapa menghendaki (kebahagian) dunia, maka hendaklah memiliki ilmu. Barang siapa menghendaki (kebahagiaan) akhirat, hendaklah memiliki ilmu. Dan barang siapa menghendaki keduanya, maka hendaklah memiliki ilmu." (HR. Tabrani). 

Hadist tersebut menjelaskan betapa pentingnya ilmu pengetahuan dalam kehidupan kita. Baik kehidupan di dunia maupun kehidupan di akherat. Sebab hanya orang-orang yang berilmu sajalah yang dapat meraih kebahagiaan di dunia maupun di akherat. 

Adapun peranan ilmu pengetahuan dalam kehidupan kita antara lain : 
  1. Dengan ilmu pengetahuan kita dapat bertauhid kepada Allah dengan benar. Dapat mengetahui sifat dan zat Allah, dapat mengetahui bagaimana cara beribadah yang sebenar-benarnya. 
  2. Dengan ilmu pengetahuan kita dapat mengetahui mana yang halal dan mana yang haram 
  3. Dapat mengetahui hal ihwal hati, mana yang terpuji, dan mana yang tercela. 
  4. Dapat mengolah dan memanfaatkan seluruh isi alam, yang disediakan Allah untuk manusia guna memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. 
  5. Sebagai sarana untuk mencapai kebahagian dunia dan akherat.





Terima kasih sudah membaca Cinta ilmu pengetahuan ,Silahkan bagikan artikel ini Cinta ilmu pengetahuan jika bermanfaat, Barakallaahu fikum
Share on :
 
Comments
0 Comments

Posting Komentar

loading...
 
Support : About | Site Map | Privacy Policy | Disclaimer | Contact Us |
Copyright © 2013. artikelislamiku2.blogspot.com - All Rights Reserved
Di Design Ulang Oleh I Template Blog Published by I Template Blog
Proudly powered by Blogger